Siapa yang tidak mau bisnis yang sedang dijalankan terus tumbuh dan berkembang. Memang diakui oleh dunia usaha, bahwa bisnis di Indonesia sedang mengalami peningkatan di banding negara-negara Eropa yang sedang mengalami krisis.
Perlu diingat yang namanya sebuah bisnis pasti mempunyai kompetitor dan bisa bersaing dengan bisnis yang serupa. Selain itu, dalam berbisnis juga diperlukan gagasan dan kreatifitas dalam mengelolah sebuah bisnis agar terus maju.
Menurut Tung Dasem Waringin seorang motivator terheboh dan pelatih sukses di bidang marketing mengungkapkan, sebuah bisnis jika mau terus berkembang dan dapat bertahan di banding bisnis kompetitor lainnya adalah selalu mempunyai nilai tambah.
“Dalam bisnis ini kita harus selalu mempunyai nilai tambah, sebetulnya nilai tambah itu secara garis besar di bagi tiga. Anda hanya bisa ambil dua, jarang sekali Anda bisa tiga tiganya,” kata Tung Dasem.
Di samping itu, Tung Dasem memberikan pengetahuan dari buku yang ia baca.
“Ini saya ambil dan belajar dari Michael Tracy bagaimana “Double Digit Growth”, saya membaca buku yang sangat bagus dan bagaimana bisa tumbuh dua kali lipat,” ungkapnya.
Beliau cerita tentang IBM dan perusahaan yang tumbuhnya cuma dua sekian persen tapi ada juga yang 11% dan 20%, dan terus tumbuh.
Tung Dasem menambahkan tentang perusahaan- perusahaan yang terus menerus tumbuh sampai sekarang. Ada Jhonson n Jhonson yang tumbuh selama 59 tahun bisnisnya terus tumbuh dan tumbuh terus. “Saya pun masih terus harus belajar, disini dikatakan oleh Michael Tracy ada tiga keunggulan bisnis,” ungkap bapak dua orang anak ini yang pernah berkarir di BCA.
Ketiga keuntungan bisnis dalam membuat nilai tambah tersebut adalah :
1. Murah
Jika suatu bisnis yang menggunakan harga yang murah pasti di cari oleh konsumen. Bisa di contohkan seperti toko buku, satu keunggulannya adalah murah, parkir gratis dan segala macam yang lainnya. Selain itu, dengan biaya operasional yang paling efektif dan efisien Anda bisa mendapat harga yang murah.
2. Unggul dalam mutu produk-produk
Salah satu yang membuat bisnis Anda selalu berkembang adalah unggul dalam mutu produk di banding kompetitor. Dengan mempunyai syarat ini merupakan hal yang dasyat dan luar biasa, dan pastinya akan berkembang.
3. Servis atau pelayanannya
Dengan pelayanan yang baik dan memuaskan, membuat konsumen akan memberikan nilai yang positf sehingga bisa mengiklankan dari mulut ke mulut (word of mount marketing).